EVALUASI DAN AKUNTABILITAS BIMBINGAN DAN KONSELING
MAKALAH
EVALUASI DAN
AKUNTABILITAS BIMBINGAN DAN KONSELING
Tentang
EVALUASI KESELURUHAN
PROGRAM BK
DISUSUN OLEH :
BK/012/E
KELOMPOK
V
ELSA ASRIANI (12060146)
MERI HANDAYANI (12060148)
NETRI ELIZA (12060151)
NOVI ERISTA (12060164)
RIGITA (12060169)
ELVIYANTI (12060171)
DI BIMBING OLEH :
Rici Kardo., S.Pd., M.Pd
PROGRAM STUDI BIMBINGAN
DAN KONSELING
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) PGRI SUMATERA
BARAT
PADANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Norman C.
Gysbers dan Patricia Henderson dalam sebuah artikelnya yang berjudul “Comprehensive
Guidance and Counseling Program Evaluation: Program + Personnel = Results”
mengetengahkan tiga jenis evaluasi Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Ketiga
jenis evaluasi tersebut adalah : (1) evaluasi personil; (2) evaluasi program;
dan (3) evaluasi hasil. Sementara itu, Victoria Merrill dari University of
Phoenix Washington mengetengahkan tentang perubahan peran konselor terkait
dengan keberagaman masyarakat atau multikultural. Konselor harus me
Evaluasi merupakan komponen yang sangat penting dari
sebuah program BK perkembangan komprehensif. Selain itu, evaluasi juga menjamin
akuntabilitas sebuah program. Tujuan utama evaluasi adalah untuk menilai
program, aktivitas-aktivitasnya, serta pelaksana-pelaksananya, guna membuat
keputusan atau mengambil langkah tertentu di waktu mendatang. Evaluasi
berfungsi untuk mengukur layanan yang diberikan (evaluasi proses) serta luaran
yang dihasilkan (evaluasi hasil). Proses berkelanjutan ini akan memberikan
informasi yang bermanfaat untuk perkembangan berkelanjutan bagi sebuah program
BK dan memberikan arah pada perubahan-perubahan penting.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah cara
mengevaluasi program layanan BK ?
2.
Bagaimanakah cara
mengevaluasi program kegiatan pendukung BK ?
3.
Bagaimanakah cara
mendeskripsikan hasil penilaian yang dilakukan terhadap layanan dan kegiatan
pendukung BK ??
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui
bagaimanakah cara melakukan evaluasi terhadap layanan yang telah dilakukan
2.
Untuk mengetahui
bagaimanakah cara melakukan penilaian dari kegiatan pendukung yang dilakukan
3.
Untuk mengetahui
bagaimanakah cara mendeskripsikan hasil penilaian layanan yang telah dilakukan
4.
Untuk mengetahui
cara mendeskripsikan hasil kegiatan pendukung yang telah dilakukan sebelumnya
BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI KESELURUHAN PROGRAM BK
A.
EVALUASI PROGRAM (LAYANAN)
NO
|
Layanan
|
Materi layanan
|
Hasil
|
|
Diterima
|
Ditolak
|
|||
1.
|
ORIENTASI
|
1
Perkenalan semua siswa dalam
kelas
|
√
|
|
2
Mengorientasikan kepada
Pesdik mengenai fasilitas belajar
|
√
|
|
||
3
memperkenalkan pentingnya mengetahui bakat dan minat pada PesDik
|
√
|
|
||
4
memperkenalkan pentingnya
menjaga kesehatan fisik dan psikis
|
|
√
|
||
|
|
|
||
2.
|
INFORMASI
|
1. Menginformasikan cara hidup sehat
|
√
|
|
2. Cara bergaul yang positif dan bermanfaat
|
|
√
|
||
3. Sosialisasi dengan teman sebaya
|
|
|
||
4. Kunci sukses dalam belajar
|
√
|
|
||
5. Mengendalikan
emosi
|
√
|
|
||
6. Belajar yang menyenangkan
|
√
|
|
||
7. Meningkatkan
prestasi belajar
|
√
|
|
||
8. Menjadi pribadi yang menyenangkan
|
√
|
|
||
9. meningkatkan rasa percaya diri
|
√
|
|
||
10. Meningkatkan kreativitas
|
|
√
|
||
11. Membentuk
akhlak mulia
|
√
|
|
||
|
|
|
||
3.
|
PENEMPATAN
DAN
PENYALURAN
|
1. Penempatan posisi duduk
|
√
|
|
2. Penempatan
dalam kelompok belajar
|
√
|
|
||
3. Penempatan
kegiatan ekstrakurikuler
|
√
|
|
||
|
|
|
||
4.
|
PENGUASAAN KONTEN
|
1. Melatihkan cara membuat mind mapping
|
√
|
|
2. Mengatasi kesulitan dalam menulis
|
|
√
|
||
3. Meningkatkan konsentrasi belajar
|
√
|
|
||
4. Meningkatkan keterampilan bertanya
|
√
|
|
||
5. Pemahaman diri
|
|
√
|
||
6. Meningkatkan keterampilan belajar
|
√
|
|
||
7. Meningkatkan konsentrasi belajar
|
√
|
|
||
8. Pengaturan waktu belajar
|
√
|
|
||
9. Persiapan menghadapi ujian
|
√
|
|
||
|
|
|
||
5.
|
KONSELING PERORANGAN
|
1. Ragu dengan pilihan ingin pindah
tempat tinggal
|
√
|
|
2. Tidak memiliki motivasi untuk belajar
|
√
|
|
||
3. Susah untuk bangun pagi
|
|
√
|
||
4. Jenuh dalam membina hubungan
dengan lawan jenis
|
√
|
|
||
5. Cinta lokasi
|
√
|
|
||
6. Merasa dijauhi oleh teman
|
√
|
|
||
7. Tidak terima di kata - katai
munafik
|
√
|
|
||
8. Tidak suka atas sikap Tante
|
√
|
|
||
9. Apakah wajar membina hubungan
dengan kakak kelas
|
|
√
|
||
10. Tidak betah tinggal di rumah
|
√
|
|
||
|
|
|
||
6.
|
BIMBINGAN KELOMPOK
|
1.
Seks bebas
|
√
|
|
2.
Bahaya
narkoba
|
√
|
|
||
3.
Penyalahgunaan
internet
|
√
|
|
||
4.
Kenakalan remaja
|
√
|
|
||
5.
Kedisiplinan
sekolah
|
√
|
|
||
|
|
|
||
7.
|
KONSELING
KELOMPOK
|
1. Teman tidak mau meminta maaf
|
√
|
|
2. Menghadapi teman yang mudah
tersinggung
|
√
|
|
||
3. Ingin menyudahi hubungan dengan
pacar
|
√
|
|
||
4. Selalu terlambat datang ke sekolah
|
√
|
|
||
5. Orang tua sering cek cok karena
uang
|
√
|
|
||
|
|
|
||
8.
|
KONSULTASI
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
||
|
|
|
||
9.
|
MEDIASI
|
1. Upaya
mendamaikan pihak tertentu (siswa) yang berselisih
|
√
|
|
2. Upaya mendamaikan pihak guru dengan peserta didik
|
√
|
|
||
3. Upaya mendamaikan KepSek dengan Orangtua Pesdik
|
|
√
|
B.
DESKRIPSI EVALUASI PROGRAM (LAYANAN)
1.
Layanan Orientasi
Dari 4 materi yang telah diberikan dalam layanan
Orientasi selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian
segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 3 materi yang
diterima oleh peserta didik, dalam arti 3 materi ini dapat dimanfaatkan dan
dipahami oleh peserta didik dan ada 1 materi ditolak oleh peserta didik yang
berarti materi ini belum begitu tepat sasaran
2.
Layanan Informasi
Dari 11 materi yang telah diberikan dalam layanan Informasi
selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera
terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 9 materi yang diterima oleh
peserta didik, dalam arti 9 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh
peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi
ini belum begitu tepat sasaran atau belum didapatkannya manfaat dari materi
yang telah diberikan
3.
Layanan Penempatan
& Penyaluran
Dari 3 materi yang telah diberikan dalam layanan
Penempatan & Penyaluran selama 1 semester yang masing-masing materi telah
dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa ketiga
materi yang diberikan diterima oleh peserta didik, dalam artian ketiga materi
ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik
4.
Layanan Penguasaan
Konten
Dari 9 materi yang telah diberikan dalam layanan Penguasaan
Konten selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian
segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 7 materi yang
diterima oleh peserta didik, dalam arti 7 materi ini dapat dimanfaatkan dan
dipahami oleh peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik yang
berarti materi ini belum begitu tepat sasaran.
5.
Layanan Konseling
Perorangan
Dari 10 materi yang telah diberikan dalam layanan Konseling
Perorangan selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan
penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa ada 8 materi
yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 8 materi ini dapat dimanfaatkan
dan dipahami oleh peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik
yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran.
6.
Layanan Bimbingan
Kelompok
Dari 5 materi yang telah diberikan dalam layanan Bimbingan
Kelompok selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian
segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa kelima materi yang
diberikan guru pembimbing diterima oleh peserta didik, dalam artian kelima
materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik
7.
Layanan Konseling
Kelompok
Dari 5 materi yang telah diberikan dalam layanan
Konseling Kelompok selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan
penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa kelima materi
yang diberikan guru pembimbing diterima oleh peserta didik, dalam artian kelima
materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik
8.
Layanan Konsultasi
Layanan konsultasi adalah layanan yang digunakan untuk
seorang konsulti terhadap kliennya. Dan dalam 1 tahun pembelajaran ini, layanan
konsultasi belum digunakan karena belum ada pihak yang ingin untuk membahas
ataupun meninta layanan ini digunakan.
9.
Layanan Mediasi
Dari 2 materi yang telah diberikan dalam layanan Mediasi
selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera
terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 2 materi yang diterima oleh
peserta didik, dalam arti 2 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh
peserta didik dan ada 1 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi
ini belum begitu tepat sasaran.
Kesimpulan
Jadi dari 9 layanan yang telah diberikan kepada peserta didik terdapat 50
materi dari layanan tersebut dan ada sekitar 42 materi yang diterima oleh peserta
didik, yang berarti 42 materi ini dapat membeikan manfaat bagi setiap peserta
didik dan dilaksanakan dalam kehidupannya sehari-hari untuk hidup yang lebih
efektif.
Dan dari 9 layanan yang terdapat 50 materi ternyata diperoleh 8 materi yang
ditolak oleh peserta didik. Dalam artian, 8 materi ini belum dimanfaatkan
secara efektif oleh peserta didik. Jadi, 8 materi ini harus dilakukan pengevaluasian
ulang agar materi ini dapat membantu peserta didik dalam mencapai kehidupan
efektifnya.
C.
EVALUASI PROGRAM (KEGIATAN PENDUKUNG)
NO
|
Kegiatan Pendukung
|
MATERI
|
HASIL
|
|
DITERIMA
|
DITOLAK
|
|||
1.
|
APLIKASI INSTRUMENTASI
|
1.
AUM Umum
|
√
|
|
2.
AUM PTSDL
|
√
|
|
||
3.
Sosiometri
|
√
|
|
||
4.
F-KPMP
|
√
|
|
||
|
|
|
||
2.
|
HIMPUNAN DATA
|
1.
Absensi
|
√
|
|
2.
Leger
nilai
|
√
|
|
||
3.
Biodata Peserta didik
|
√
|
|
||
|
|
|
||
3.
|
KONFERENSI KASUS
|
1.
Pembahasan kasus Pesdik mengenai hak untuk mendapatkan pendidikan
|
|
√
|
2.
Pembahasan kasus Pesdik
mengenai tawuran
|
√
|
|
||
3.
Pembahasan
kasus Pesdik mengenai cara belajar
|
√
|
|
||
4.
Pembahasan kasus Pesdik
mengenai pemilihan karier dimasa depan
|
|
√
|
||
|
|
|
||
4.
|
KUNJUNGAN RUMAH
|
1.
Pesdik yang tidak termotivasi
dalam belajar
|
√
|
|
2.
Pesdik yang sering bolos
|
√
|
|
||
3.
Pesdik yang selalu terlambat
|
|
√
|
||
|
|
|
|
|
5.
|
ALIH TANGAN KASUS
|
1.
Pesdik yang menggunakan
narkoba
|
√
|
|
2.
Pesdik yang mengalami trauma
mendalam
|
√
|
|
||
3.
Pesdik yang mencuri
|
√
|
|
||
|
|
|
||
6.
|
TAMPILAN KEPUSTAKAAN
|
1.
Power point
|
√
|
|
2.
Buku bacaan mengenai
meningkatkan kepercayaan diri
|
√
|
|
||
3.
Video motivasi belajar
|
√
|
|
||
4.
Berbagai situs/website
mengenai karier
|
|
√
|
||
5.
Koran/majalah
|
√
|
|
D.
DESKRIPSI EVALUASI PROGRAM (KEGIATAN PENDUKUNG)
1.
Aplikasi
Instrumentasi
Dari empat instumen yang dilakukan dalam Aplikasi
Instrumentasi yaitu AUM UMUM, AUM PTSDL, Sosiometri dan F-KPMP, maka diperoleh
hasil bahwa dari keempat instrumen tersebut bisa mendapatkan informasi yang
akurat dan bisa dipertanggungjawabkan mengenai need assessment peserta
didik.
2.
Himpunan Data
Dari ketiga data yang dihimpun dari berbagai sumber yaitu
data tentang absensi, leger nilai dan biodata siswa, maka diperoleh hasil bahwa
dari ketiga data tersebut dapat menentukan need asessment siswa sehingga
mengetahui apasaja yang menjadi kebutuhan bagi para peserta didik dan
memudahkan guru pembimbing dalam memahami bagaimana perkembangan peserta
didiknya.
3.
Konferensi Kasus
Dari 4 kasus atau masalah dalam konferensi kasus yang
telah dilaksanakan, ternyata diperoleh hasil bahwa 2 kasus dalam kegiatan
pendukung ini telah dapat diselesaikan dengan baik dan ada 2 kasus lagi yang
belum menemukan titik tengahnya. Hal ini dikarenakan pihak yang terkait didalam
kegiatan ini kurang bekerja sama untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut.
4.
Kunjungan Rumah
Dari tiga kasus yang menggunakan kegiatan pendukung
kunjungan rumah, didapatkan hasil bahwa dari tiga kasus tersebut bahwa 2 diantaranya
telah mendapatkan dan menemukan titik penyelesaiannya. Dan satu kasus lagi
belum menemukan penyelesaian karena pihak yang terkait tidak bersungguh-sungguh
dalam pengentasan masalah yang dialaminya.
5.
Alih Tangan Kasus
Dari tiga jenis kasus yang berbeda dalam kegiatan ini,
diperoleh hasil bahwa ketiga kasus tersebut bisa ditangani dan diselesaikan
sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketiga kasus tesebut, masing-masing klien
mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kasus yang dialami oleh mereka masing0msing.
6.
Tampilan
Kepustakaan
Dari beberapa bentuk tampilan kepustakaan (media) yang
diberikan guru pembimbing kepada peserta didik, didapatkan hasil bahwa 4 dari 5
bentuk tampilan kepustakaan yang telah diberikan, ternyata ditemukan satu
kegagalan. Yaitu peserta didik kurang memahami bagaimana cara memperoleh
informasi dari internet. Jadi, pemberian informasi pun menjadi terhambat karena
sebagian peserta didik masih kurang memahami cara menggunakan komputer dan
internet.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam melakukan
pengevaluasian program BK, seorang guru BK harus mempunyai kemampuan untuk
membuat berbagai bentuk evaluasi, sebab evaluasi ini akan menentukan kualitas
dan kuantitas dari Guru Pembimbing dan nama BK itu sendiri dimata sekolah.
Jadi, seorang guru BK harus mampu membuat program dan mampu juga untuk
melakukan evaluasi terhadap program tersebut. Karena setiap penilaian yang
diberikan terhadap program tersebut harus dipertanggung jawabkan dan dimintai
keterangan ataupun penjelasan terhadap evaluasi itu.
Pengevaluasian juga
tidak hanya dipertanggung jawabkan secara tulisan saja, tetapi pertanggung
jawaban secara lisan juga diminta sebagai bukti bahwa seorang guru BK memang
bisa melakukan evaluasi terhadap program yang telah dibuatnya sedemikian rupa.
B.
Saran
Semoga penulis dan
semua calon konselor masa depan dapat mengevaluasi program dan mampu untuk
mempertanggung jawabkan apa yang telah dievaluasikan tersebut secara lisan dan
tulisan.
DAFTAR PUSTAKA
Direktorat
Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Belajar Mandiri Kegiatan Pelatihan
Pengawas Sekolah. Jakarta : Depdiknas
http://paul-arjanto.blogspot.com/2011/12/panduan-evaluasi-program-bk-south.html
Komentar
Posting Komentar