EVALUASI DAN AKUNTABILITAS BIMBINGAN DAN KONSELING

MAKALAH
EVALUASI DAN AKUNTABILITAS BIMBINGAN DAN KONSELING
Tentang
EVALUASI KESELURUHAN PROGRAM BK
 





DISUSUN OLEH :
BK/012/E
KELOMPOK V
ELSA ASRIANI                   (12060146)
MERI HANDAYANI           (12060148)
NETRI ELIZA                      (12060151)
NOVI ERISTA                     (12060164)
RIGITA                                 (12060169)
ELVIYANTI                         (12060171)

DI BIMBING OLEH :
Rici Kardo., S.Pd., M.Pd

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) PGRI SUMATERA BARAT
PADANG

2014

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Norman C. Gysbers dan Patricia Henderson dalam sebuah artikelnya yang berjudul “Comprehensive Guidance and Counseling Program Evaluation: Program + Personnel = Results” mengetengahkan tiga jenis evaluasi Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Ketiga jenis evaluasi tersebut adalah : (1) evaluasi personil; (2) evaluasi program; dan (3) evaluasi hasil. Sementara itu, Victoria Merrill dari University of Phoenix Washington mengetengahkan tentang perubahan peran konselor terkait dengan keberagaman masyarakat atau multikultural. Konselor harus me
Evaluasi merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah program BK perkembangan komprehensif. Selain itu, evaluasi juga menjamin akuntabilitas sebuah program. Tujuan utama evaluasi adalah untuk menilai program, aktivitas-aktivitasnya, serta pelaksana-pelaksananya, guna membuat keputusan atau mengambil langkah tertentu di waktu mendatang. Evaluasi berfungsi untuk mengukur layanan yang diberikan (evaluasi proses) serta luaran yang dihasilkan (evaluasi hasil). Proses berkelanjutan ini akan memberikan informasi yang bermanfaat untuk perkembangan berkelanjutan bagi sebuah program BK dan memberikan arah pada perubahan-perubahan penting.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah cara mengevaluasi  program layanan BK ?
2.      Bagaimanakah cara mengevaluasi program kegiatan pendukung BK ?
3.      Bagaimanakah cara mendeskripsikan hasil penilaian yang dilakukan terhadap layanan dan kegiatan pendukung BK ??
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui bagaimanakah cara melakukan evaluasi terhadap layanan yang telah dilakukan
2.      Untuk mengetahui bagaimanakah cara melakukan penilaian dari kegiatan pendukung yang dilakukan
3.      Untuk mengetahui bagaimanakah cara mendeskripsikan hasil penilaian layanan yang telah dilakukan
4.      Untuk mengetahui cara mendeskripsikan hasil kegiatan pendukung yang telah dilakukan sebelumnya






















BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI KESELURUHAN PROGRAM BK


A.    EVALUASI PROGRAM (LAYANAN)

NO
Layanan
Materi layanan
Hasil
Diterima
Ditolak
1.
ORIENTASI
1        Perkenalan semua siswa dalam kelas

2        Mengorientasikan kepada Pesdik mengenai fasilitas belajar

3        memperkenalkan pentingnya mengetahui bakat dan minat pada PesDik

4        memperkenalkan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikis




2.
INFORMASI
1.      Menginformasikan cara hidup sehat

2.      Cara bergaul yang positif dan bermanfaat

3.      Sosialisasi dengan teman sebaya


4.      Kunci sukses dalam belajar

5.      Mengendalikan emosi

6.      Belajar yang menyenangkan

7.      Meningkatkan prestasi belajar

8.      Menjadi pribadi yang menyenangkan

9.      meningkatkan rasa percaya diri

10.  Meningkatkan kreativitas

11.  Membentuk akhlak mulia




3.
PENEMPATAN
DAN
PENYALURAN
1.      Penempatan posisi duduk

2.      Penempatan dalam kelompok belajar

3.      Penempatan kegiatan ekstrakurikuler




4.
PENGUASAAN KONTEN
1.      Melatihkan cara membuat mind mapping



2.      Mengatasi kesulitan dalam menulis

3.      Meningkatkan konsentrasi belajar

4.      Meningkatkan keterampilan bertanya

5.      Pemahaman diri

6.      Meningkatkan keterampilan belajar

7.      Meningkatkan konsentrasi belajar

8.      Pengaturan waktu belajar

9.      Persiapan menghadapi ujian





5.



KONSELING PERORANGAN





1.      Ragu dengan pilihan ingin pindah tempat tinggal


2.      Tidak memiliki motivasi untuk belajar

3.      Susah untuk bangun pagi

4.      Jenuh dalam membina hubungan dengan lawan jenis

5.      Cinta lokasi

6.      Merasa dijauhi oleh teman

7.      Tidak terima di kata - katai munafik

8.      Tidak suka atas sikap Tante

9.      Apakah wajar membina hubungan dengan kakak kelas

10.  Tidak betah tinggal di rumah




6.


BIMBINGAN KELOMPOK


1.      Seks bebas

2.      Bahaya narkoba

3.      Penyalahgunaan internet

4.      Kenakalan remaja

5.      Kedisiplinan sekolah




7.
KONSELING
KELOMPOK
1.      Teman tidak mau meminta maaf


2.      Menghadapi teman yang mudah tersinggung


3.      Ingin menyudahi hubungan dengan pacar


4.      Selalu terlambat datang ke sekolah

5.      Orang tua sering cek cok karena uang




8.
KONSULTASI
1.       


2.       





9.

MEDIASI
1.      Upaya mendamaikan pihak tertentu (siswa) yang berselisih

2.      Upaya mendamaikan pihak guru dengan peserta didik

3.      Upaya mendamaikan KepSek dengan Orangtua Pesdik


B.     DESKRIPSI EVALUASI PROGRAM (LAYANAN)

1.      Layanan Orientasi
Dari 4 materi yang telah diberikan dalam layanan Orientasi selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 3 materi yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 3 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dan ada 1 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran

2.      Layanan Informasi
Dari 11 materi yang telah diberikan dalam layanan Informasi selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 9 materi yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 9 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran atau belum didapatkannya manfaat dari materi yang telah diberikan

3.      Layanan Penempatan & Penyaluran
Dari 3 materi yang telah diberikan dalam layanan Penempatan & Penyaluran selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa ketiga materi yang diberikan diterima oleh peserta didik, dalam artian ketiga materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik

4.      Layanan Penguasaan Konten
Dari 9 materi yang telah diberikan dalam layanan Penguasaan Konten selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 7 materi yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 7 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran.

5.      Layanan Konseling Perorangan
Dari 10 materi yang telah diberikan dalam layanan Konseling Perorangan selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa ada 8 materi yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 8 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dan ada 2 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran.

6.      Layanan Bimbingan Kelompok
Dari 5 materi yang telah diberikan dalam layanan Bimbingan Kelompok selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa kelima materi yang diberikan guru pembimbing diterima oleh peserta didik, dalam artian kelima materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik

7.      Layanan Konseling Kelompok
Dari 5 materi yang telah diberikan dalam layanan Konseling Kelompok selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didapatkan hasil bahwa kelima materi yang diberikan guru pembimbing diterima oleh peserta didik, dalam artian kelima materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dengan baik

8.      Layanan Konsultasi
Layanan konsultasi adalah layanan yang digunakan untuk seorang konsulti terhadap kliennya. Dan dalam 1 tahun pembelajaran ini, layanan konsultasi belum digunakan karena belum ada pihak yang ingin untuk membahas ataupun meninta layanan ini digunakan.

9.      Layanan Mediasi
Dari 2 materi yang telah diberikan dalam layanan Mediasi selama 1 semester yang masing-masing materi telah dilakukan penilaian segera terlebih dahulu, ternyata didaptkan hasil bahwa ada 2 materi yang diterima oleh peserta didik, dalam arti 2 materi ini dapat dimanfaatkan dan dipahami oleh peserta didik dan ada 1 materi ditolak oleh peserta didik yang berarti materi ini belum begitu tepat sasaran.




Kesimpulan
Jadi dari 9 layanan yang telah diberikan kepada peserta didik terdapat 50 materi dari layanan tersebut dan ada sekitar 42 materi yang diterima oleh peserta didik, yang berarti 42 materi ini dapat membeikan manfaat bagi setiap peserta didik dan dilaksanakan dalam kehidupannya sehari-hari untuk hidup yang lebih efektif.
Dan dari 9 layanan yang terdapat 50 materi ternyata diperoleh 8 materi yang ditolak oleh peserta didik. Dalam artian, 8 materi ini belum dimanfaatkan secara efektif oleh peserta didik. Jadi, 8 materi ini harus dilakukan pengevaluasian ulang agar materi ini dapat membantu peserta didik dalam mencapai kehidupan efektifnya.



C.    EVALUASI PROGRAM (KEGIATAN PENDUKUNG)


NO
Kegiatan Pendukung
MATERI
HASIL
DITERIMA
DITOLAK
1.
APLIKASI INSTRUMENTASI
1.      AUM Umum

2.      AUM PTSDL

3.      Sosiometri

4.      F-KPMP




2.
HIMPUNAN DATA
1.      Absensi

2.      Leger nilai

3.      Biodata Peserta didik




3.
KONFERENSI KASUS
1.      Pembahasan kasus Pesdik mengenai hak untuk mendapatkan pendidikan

2.      Pembahasan kasus Pesdik mengenai tawuran

3.      Pembahasan kasus Pesdik mengenai cara belajar

4.      Pembahasan kasus Pesdik mengenai pemilihan karier dimasa depan




4.
KUNJUNGAN RUMAH
1.      Pesdik yang tidak termotivasi dalam belajar

2.      Pesdik yang sering bolos

3.      Pesdik yang selalu terlambat






5.
ALIH TANGAN KASUS
1.      Pesdik yang menggunakan narkoba

2.      Pesdik yang mengalami trauma mendalam

3.      Pesdik yang mencuri




6.
TAMPILAN KEPUSTAKAAN
1.      Power point

2.      Buku bacaan mengenai meningkatkan kepercayaan diri

3.      Video motivasi belajar

4.      Berbagai situs/website mengenai karier

5.      Koran/majalah




D.    DESKRIPSI EVALUASI PROGRAM (KEGIATAN PENDUKUNG)

1.      Aplikasi Instrumentasi
Dari empat instumen yang dilakukan dalam Aplikasi Instrumentasi yaitu AUM UMUM, AUM PTSDL, Sosiometri dan F-KPMP, maka diperoleh hasil bahwa dari keempat instrumen tersebut bisa mendapatkan informasi yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan mengenai need assessment peserta didik. 

2.      Himpunan Data
Dari ketiga data yang dihimpun dari berbagai sumber yaitu data tentang absensi, leger nilai dan biodata siswa, maka diperoleh hasil bahwa dari ketiga data tersebut dapat menentukan need asessment siswa sehingga mengetahui apasaja yang menjadi kebutuhan bagi para peserta didik dan memudahkan guru pembimbing dalam memahami bagaimana perkembangan peserta didiknya.

3.      Konferensi Kasus
Dari 4 kasus atau masalah dalam konferensi kasus yang telah dilaksanakan, ternyata diperoleh hasil bahwa 2 kasus dalam kegiatan pendukung ini telah dapat diselesaikan dengan baik dan ada 2 kasus lagi yang belum menemukan titik tengahnya. Hal ini dikarenakan pihak yang terkait didalam kegiatan ini kurang bekerja sama untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut.




4.      Kunjungan Rumah
Dari tiga kasus yang menggunakan kegiatan pendukung kunjungan rumah, didapatkan hasil bahwa dari tiga kasus tersebut bahwa 2 diantaranya telah mendapatkan dan menemukan titik penyelesaiannya. Dan satu kasus lagi belum menemukan penyelesaian karena pihak yang terkait tidak bersungguh-sungguh dalam pengentasan masalah yang dialaminya.

5.      Alih Tangan Kasus
Dari tiga jenis kasus yang berbeda dalam kegiatan ini, diperoleh hasil bahwa ketiga kasus tersebut bisa ditangani dan diselesaikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketiga kasus tesebut, masing-masing klien mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kasus yang dialami oleh mereka masing0msing.

6.      Tampilan Kepustakaan
Dari beberapa bentuk tampilan kepustakaan (media) yang diberikan guru pembimbing kepada peserta didik, didapatkan hasil bahwa 4 dari 5 bentuk tampilan kepustakaan yang telah diberikan, ternyata ditemukan satu kegagalan. Yaitu peserta didik kurang memahami bagaimana cara memperoleh informasi dari internet. Jadi, pemberian informasi pun menjadi terhambat karena sebagian peserta didik masih kurang memahami cara menggunakan komputer dan internet.












BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam melakukan pengevaluasian program BK, seorang guru BK harus mempunyai kemampuan untuk membuat berbagai bentuk evaluasi, sebab evaluasi ini akan menentukan kualitas dan kuantitas dari Guru Pembimbing dan nama BK itu sendiri dimata sekolah. Jadi, seorang guru BK harus mampu membuat program dan mampu juga untuk melakukan evaluasi terhadap program tersebut. Karena setiap penilaian yang diberikan terhadap program tersebut harus dipertanggung jawabkan dan dimintai keterangan ataupun penjelasan terhadap evaluasi itu.
Pengevaluasian juga tidak hanya dipertanggung jawabkan secara tulisan saja, tetapi pertanggung jawaban secara lisan juga diminta sebagai bukti bahwa seorang guru BK memang bisa melakukan evaluasi terhadap program yang telah dibuatnya sedemikian rupa.

B.     Saran
Semoga penulis dan semua calon konselor masa depan dapat mengevaluasi program dan mampu untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah dievaluasikan tersebut secara lisan dan tulisan.

 DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik  dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Belajar Mandiri Kegiatan Pelatihan Pengawas Sekolah. Jakarta : Depdiknas
http://paul-arjanto.blogspot.com/2011/12/panduan-evaluasi-program-bk-south.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK TEKNIK HUBUNGAN KONSELING PERORANGAN (TEKNIK UMUM)

KONSELING GESTALT

KONSELING EGO (KONEGO)